Cara Menghitung Keyword Density [Contoh Soal]

Cara Menghitung Keyword Density
Keyword Density adalah kerapatan kata kunci atau bisa diartikan banyaknya kata kunci yang terkandung dalam suatu artikel. Kata kunci menjadi salah satu penentu dalam keberhasilan suatu artikel agar muncul dalam mesin pencari.

Jika kita mengetikkan suatu kata yang ingin kita cari di Google misalnya, maka Google akan menampilkan artikel atau konten sesuai dengan kata yang kita cari. Munculnya konten tersebut karena dalam artikel tersebut terdapat kata yang sedang kita cari.

Bagi Anda yang bukan blogger, kata kunci tidak perlu repot-repot untuk Anda hitung atau pahami. Tapi jika Anda adalah seorang blogger maka wajib bagi Anda memahami hal tersebut.

Cara Menghitung Keyword Density


Keyword density dapat dengan mudah dihitung menggunakan plugin seperti Yoast SEO atau All in One SEO. Sayangnya cara itu hanya dapat digunakan ketika Anda menggunakan platform WordPress.

Jika menggunakan platform Blogger, tidak ada alat yang dapat kita gunakan untuk menghitung kata kunci, karena di Blogger tidak terdapat fitur untuk menghitung banyaknya kata kunci yang terkandung dalam artikel.

Rumus


Meskipun tidak ada alat yang dapat digunakan menghitung kata kunci, namun sebenarnya kita dapat menghitung kata kunci secara manual menggunakan rumus yang ada di bawah ini.


Jika hanya melihat rumus maka saya yakin beberapa dari Anda yang membaca artikel ini tidak akan langsung paham, karena itu saya akan menjelaskannya:
  • KD adalah kerapatan kata kunci.
  • Kata Kunci adalah kata yang digunakan dalam artikel sebagai pengenal artikel. Misalnya kita membuat artikel tentang cara menghitung rumus matematika dan kita ingin agar kata kuncinya adalah rumus matematika.
  • Jumlah Kata Kunci adalah total banyaknya kata kunci dalam artikel, misalnya jika dalam artikel terdapat sepuluh kata rumus matematika artinya jumlah kata kunci adalah 10.
  • Jumlah Kata adalah jumlah total kata yang terdapat dalam satu artikel.
  • 100 adalah angka yang digunakan untuk mendapatkan hasil dalam persen.

Contoh Soal



Jika Anda masih bingung dengan penjelasan di atas, langsung saja kita coba hitung dengan contoh soal.
  • Kata kunci dalam atikel adalah Kata Kunci artinya ada 2 kata.
  • 2 kata tersebut terdapat sebanyak 10 kali dalam artikel artinya 2 kita kalikan dengan 10 dan hasilnya adalah 20.
  • Nah 20 dibagikan dengan jumlah total kata pada artikel. Total artikel ada 1000 berarti 20/1000 = 0.02.
  • Setelah itu 0.02 dikali dengan 100 = 2%.

Jadi dari contoh soal di atas keyword densitynya adalah 2%.

Peraturan yang Benar


Ukuran dari keyword density yang baik yaitu di bawah 5%.
  • Standar 0.5% - 1.5%.
  • Jika persaingan artikel cukup sulit 1.5% - 3%.
  • Jika persaingan artikel sangat sulit 3% - 5%.

Meski begitu ada juga yang menyarankan menggunakan sampai 6.5% jika persaingan sangat sulit, tapi menurut saya 5% sudah sangat tinggi. Jadi silahkan Anda tentukan mau menggunakan berapa persen pada kerapatan kata kunci dalam artikel Anda.
Berikan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel